Halaman

Selasa, 10 Mei 2011

HOME Animasi Background Bergerak

Animasi Background Bergerak


Hari Minggu, tidak libur, tetap masuk sekolah seperti biasa, karena hari ini memang ada upacara bendera memperingati hari kemerdekaan RI kita tercinta ke-63. Upacara berlangsung singkat, hampir 40 menit dan semuanya lancar, artinya tidak ada yang harus diulang-ulang karena salah (maklum, 1 tahun hanya upacara 1 kali). Namun, semua komponen sekolah (guru, karyawan dan siswa) tetap bersemangat untuk mengikuti upacara, meskipun terik matahari menyengat. Buktinya, banyak siswa yang memakai seragam dengan tertib, tidak “awut-awutan” dan yang pasti mudah diatur.Pulang dari sekolah, makan sebentar (masakan padang), terus melakukan aktivitas seperti biasa (ngeblog). Pada posting ini saya akan memberikan tutorial flash, yaitu langkah-langkah pembuatan animasi background bergerak (background moving). Tutorial tersebut sebenarn yasudah saya siapkan sejak tadi malam, sambil membuat video tutorialnya. Namun, karena file videonya terlalu besar (200 an MB), maka saya tidak jadi mentautkan dalam posting kali ini. Kalau di download bisa sampai berapa jam ya ? Dipikir-pikir kembali, akhirnya saya putuskan untuk langsung membuat tutorialnya di blog dan tutorial tersebut tidak saya buat file pdf-nya. Anda dapat melihat hasil animai pada gambar di atas. Mau baca tutorialnya ?

Animasi ini biasanya digunakan untuk membuat background pada game-game seperti game flash, yang backgroundnya bergerak secara berulang-ulang. Jika Anda masih pemula, harap baca tutorial dasar animasi flash dan video tutorialnya. Berikut langkah-langkah pembuatan animasinya:Langkah 1:
Siapkan dua buah file, 1 background dan 1 objek (misalnya, foto Anda). Sesuaikan ukuran foto dengan ukuran stage pada flash yang Anda inginkan. Untuk foto objeknya, jangan lupa untuk menghilangkan backgroundnya/dibuat transparan, agar foto tersebut dapat diletakkan secara baik di atas background. Untuk mengolah kedua foto tersebut, Anda dapat menggunakan Adobe Photoshop.
Anda dapat menggunakan 2 foto berikut:
bg artis
Langkah 2:
Buka software flash, kemudian tekan Ctrl + R untuk mengimpor file background ke stage. Atur agar image Anda sesuai dengan ukuran stage, tekan Ctrl+J untuk mengatur ukuran stage dan ganti kecepatan animasinya menjadi 29 fps. Ganti nama layer menjadi background.
aturdokmoving
Langkah 3:
Tekan Ctr + D (duplicate) pada gambar backgroundnya, kemudian lakukan group (klik kanan–>Group) dan tekan F8 (Convert to Symbol) –> pilih Graphic –> beri nama bg pada kotak dialog name.
simbolmoving
Langkah 4:
Ganti nama layer menjadi background, kemudian klik frame 100 dan 200 –> F6 (Insert Keyframe). Klik frame 100, kemudian , pindahkan/geser gambar background ke kiri sehingga posisi gambar yang disebelah kanan, tepat di atas stage.
timelinemoving
Langkah 5:
Klik kanan sembarang frame di antara frame 0 s.d 100 –> Create Motion Tween. Lakukan langkah yang sama, untuk frame di antara 100 dan 200. Sampai lrangkah ini, sebenarnya Anda sudah dapat mencobanya (Ctrl + Enter).
Langkah 6:
Klik kanan pada layer background –> beri nama layer dengan nama artis. Klik frame 1 –> Ctrl + R (Import) dan masukkan gambar objek/artis/foto Anda. Gunakan Free Transform Tool untuk mengatur objek agar tampil menarik di atas background.
artisbg
Langkah 7:
Tekan Ctrl + Enter (Test Movie). Have fun and enjoy it.


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar